Senin, 01 Juli 2013

Skala Data

Sebelum proses pengolahan, perlu diketahui apa skala datanya. Masing-masing skala mempunyai batasan pengolahan, jika batasan ini dilanggar maka akan didapat analisa yang keliru. Ada empat macam skala data : (i) nominal, (ii) ordinal, (iii) interval dan (iv) rasio.

Skala Nominal
Data yang berskala nominal merupakan data yang paling rendah tingkatannya. Data ini hanya bersifat membedakan saja. Angka pada skala nominal bukan merupakan nilai yang sesungguhnya. Contoh dalam sebuah survey dibedakan antara responden laki-laki dan perempuan. Agar proses pengolahan data dapat dilakukan dengan mudah maka pada kolom gender untuk responden laki-laki diberi angka 1 sedangkan perempuan diberi angka 2. Nilai 1 dan 2 bukan menunjukkan nilai yang sebenarnya dan 1 tidak lebih kecil dari 2. Contoh yang lain adalah ketika ingin dibedakan antara responden yang menjawab ya dan tidak. Pada kolom jawaban untuk responden yang menjawab ya diberi angka 1 dan yang tidak diberi angka 0. Nilai 0 disini bukanlah nilai 0 mutlak.

Skala Orninal

Data yang berskala ordinal juga membedakan, tetapi juga mempunyai tingkatan. Misalnya ketika ingin membedakan tingkat pendidikan. SD diberi angka 1, SMP diberi angka 2 dan seterusnya sampai tingkatan tertinggi diberi angka 5. Angaka-angka tersebut membedakan, tapi juga mempunyai tingkatan, nilai 1 jelas mempunyai tingkatan yang lebih rendah dibanding 2 dan tingkatan tertinggi adalah 5.

Skala Interval
Tingkatan data yang lebih tinggi lagi adalah data yang berskala interval. Data ini mempunyai sifat nominal dan ordinal ditambah satu sifat yaitu mempunyai interval tertentu. Perbedaan jarak (interval) dari data yang satu dengan data yang lain dapat diukur. Contoh yang lazim dipakai untuk menggambarkan data yang berskala interval adalah suhu. Jarak suhu 0 sampai 5 derajat celcius sama dengan jaran antara 5 sampai 10 derajat celcius. Ada suhu o derajat celcius. Nilai 0 ini bukanlah nilai mutlak, artinya suatu benda yang yang bersuhu 0 derajat celcius bukan berarti benda tersebut tidak mempunyai suhu. Dapat juga dikatakan bahwa suhu 4 derajat celcius adalah dua kali suhu 2 derajat celcius.

Skala Rasio
Data yang berskala rasio merupakan data dengan tingkatan tertinggi. Berbagai macam pengolahan statistik dapat diterapkan untuk mengolah data ini. Semua sifat nominal, ordinal dan interval dimiliki data berskala rasio. Nilai 0 pada data ini mempunyai nilai yang mutlak. Contoh yang paling gampang adalah data berat suatu benda, berat benda 0 kg berarti memang benar-benar benda tersebut tidak ada.

Secara ringkas bisa dilihat tabel berikut :


Tidak ada komentar: