Jumat, 21 Juni 2013

Alasan Pentingnya Statistika

FNI Statistics, Statistika, Statistik, Statistik Malang, Malang, FNI, Skripsi
 
Statistika adalah persamaan matematika yang digunakan untuk menganalisis apa yang sedang terjadi di sekitar kita . Statistika memungkinkan kita memperkirakan hal yang akan terjadi. Statistika bisa digunakan untuk mendeskripsikan terhadap suatu populasi. Statistika bisa sebagai pijakan kita untuk mengambil langkah-langkah dalam dunia bisnis.  Berikut adalah contoh – contoh penerapan Statistika dalam kehidupan  kita sehari – hari .
  1.   Peramalan Cuaca.
Pernahkah anda mendengar info mengenai ramalan cuaca. Statistika bisa digunakan untuk memprediksi Cuaca berdasarkan data- data di masa lampau. Bagian dari Ilmu statistika untuk hal ini biasanya disebut dengan Forecasting .
     2.       Peramalan Angka penjualan dalam dunia bisnis.

Dunia industri bisa menerapkan ilmu statistika dalam memperkirakan angka penjualan di masa yang akan datang. Kenapa kita memerlukan perkiraan angka penjualan? Ini berkaitan dengan estimasi penggunaan bahan pokok (bagi industri pengolahan ) , hal ini pun juga berkaitan dengan estimasi cost produksi. Dengan menggunakan statistika, kita bisa mengefektifkan dan eficen dalam pengaturan cost produksi.
     3.       Memaksimalkan pelayanan usaha.

Banyak perusahaan yang mau tidak mau ada proses antrian dalam pelayanan usahanya, perusahaan jasa misalnya Jasa perbankan, Jasa transportasi , jasa kurir , atau  jasa pencucian motor . perusahaan ritel, seperti Hypermart, Swalayan, Minimarket atau toko kelontong . Contoh tersebut hanya sebagian kecil Usaha yang terdapat proses antrian didalamnya. Dalam ilmu statistik terdapat teori antrian yang  pada intinya memaksimalkan pelayanan dalam proses antrian tersebut.
      4.       Kampanye politik

Statistika sangat sangat berguna dalam ilmu politik. Dengan ilmu statistika kita bisa membaca kerakteristik pemilih partai dalam suatu wilayah. Hal ini digunakan sebagai pijakan pembuatan stategi komunikasi partai politik.
      5.       Mengestimasi pemenang pemilihan umum.

Teman – teman pasti sudah tidak asing lagi dengan Quick Qount. Yach dasar Quick Qount ini menggunakan ilmu statistika dalam mengestimasi pemenang pemilihan umum dengan waktu yang singkat dan eficien. Eficien disini berkat penggunaan metode sampling.  Metode sampling maksudnya adalah mendeskripsikan populasi dengan menggunaan sampel-sampel yang mewakili populasi.
       6      Asuransi

Dunia asuransi menggunakan ilmu statistika dalam pengoperasiannya. Hal yang penting dalam pengggunaan statistika disini adalah Bagaimana meminimalkan resiko – resiko dalam dunia asuransi .
       7    Pertanian dan Peternakan

Dunia pertanian biasa menggunakan ilmu statistika untuk menilai hasil rancangan percobaan atau bahasa gampangnya adalah hasil perlakuan – perlakuan tertentu dalam satuan percobaan.

Tidak ada komentar: